Bunga Kastuba dan wijaya kusuma

30 04 2007

Menanggapi permintaan saudara HERBUD di halaman salam/ucapan (masih gondrong ndak ya ?), maka dibukalah kategori baru yang bernama hobi. Bisa diisi bunga, kucing, ikan, burung (burung yang berkicau lo ya…) atau hobi-hobi yang lain oke-oke saja.
Kebetulan Nyonya MOHAB suka pelihara burung ee….. bunga, tapi ini sekedarnya lo …..

BUNGA KASTUBA

kastuba.jpg bahasa bulenya Euphorbia pulcherrima biasa disebut juga Poinsettia pulcherrima, yang menarik dari bunga ini adalah daunnya yang mengalami perubahan bentuk dan warnanya menyerupai bunga. Tatkala masih muda, daun kastuba berwarna merah menyala, kemudian menjadi hijau setelah memasuki masa tua. Daun kastuba mengandung saponin, sulfur, lemak, amylodextrin, pati dan asam formlat. Oleh karena itu, daunnya dapat digunakan sebagai tonikum dan untuk mengobati luka. Batangnya yang mengeluarkan getah juga dipakai untuk menyembuhkan luka baru. Selain itu, kastuba juga dapat digunakan sebagai obat disentri, penyakit paru-paru (TBC), melancarkan haid, dan memperbanyak air susu ibu (ASI).

Kastuba dapat dikembangbiakkan dengan stek. Pertama-tama, dipilih cabang yang tua dengan diameter sekurang-kurangnya 1 cm. Cabang dipotong sepanjang 15 cm. Setiap potongan memiliki 3 – 4 mata tunas. Cara memotong, sebaiknya bidang potongan miring pada jarak 1 cm dari titik tumbuh teratas ataupun terbawah. Potongan stek kemudian direndam dalam larutan yang mengandung ZPT, kemudian ditanam di polybag dalam media tanah campur pasir dengan perbandingan 1 : 1. Akar akan tumbuh sekitar 10-12 minggu, setelah itu baru ditanam dalam pot-pot kecil.

Kastuba sangat membutuhkan suasana gelap agar bisa berkembang secara optimal, bisa berkisar antara 12 – 14 jam sehari (nah ini bagian tersulitnya, kalo bisa gelap gulita tanpa cahaya).

BUNGA WIJAYA KUSUMA

wiku.gif Wijayakusuma (Epiphyllum anguliger) termasuk jenis kaktus, divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. Bunga wijayakusuma hanya merekah beberapa saat saja dan tidak semua tanaman wijayakusuma dapat berbunga dengan mudah, tergantung dari iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan. Wijayakusuma dapat tumbuh baik ditempat yang tidak terlalu panas.
Jika akan ditanam dalam pot, sebaiknya ia diberi media tanam campuran lumut Sphagnum, hancuran batang paku tiang, dan pasir bersih sedikit, seperti yang dipakai untuk menanam anggrek.

Bibit dapat diperoleh dengan memotong cabangnya sebagai stek. Cabang yang pipih seperti daun berdaging tebal dan hijau itu dipotong sependek 15 cm, dan perlu ditunaskan dulu, tetapi tidak boleh di tempat yang lembap. Lagi pula perlu diangin-anginkan dulu di tempat teduh selama beberapa hari supaya kering lukanya. Barulah ditancapkan dengan pangkalnya terbenam hanya sedalam 2 cm (kalau terlalu dalam akan busuk). Sebelumnya lagi, pangkal stek ini perlu ditutulkan ke dalam serbuk belerang dulu, untuk mencegah bakteri pembusukan.

Sesudah berakar, yang dapat dilihat tandanya berupa tunas cabang yang muncul segar, stek dipindah ke dalam pot berisi media tanam anggrek. Ia hidup senang kalau akarnya berdesak-desakan. Jadi pot yang dipilih untuknya sebaiknya yang kecil. Pot berisi akar ini perlu diberi kesempatan mengering dulu, sebelum disirami air berikutnya. Harus ada masa kering yang cukup di antara saat-saat penyiraman itu. Kalau tidak, akar akan busuk. Karena asalnya dari hutan belantara tropis yang teduh di Amerika Selatan, ia pun minta lingkungan yang ternaungi dari sengatan matahari terik. Ketika masih kecil, tanaman boleh saja dibiarkan hidup tegak tanpa sesuatu penopang. Tetapi kalau sudah besar, dan batangnya makin berat, ia perlu diberi perkuatan. Misalnya, potnya dimasukkan ke dalam guci keramik yang lebih besar. Atau didekatkan pada terali, tiang pergola, atau tembok. Kalau tidak, batangnya yang berat akan patah pangkalnya.

Berbunganya setahun sekali pada musim hujan. Jadi menjelang musim bunga itu tanaman sebaiknya diberi pupuk seperti yang dipakai untuk anggrek, agar rajin berbunga. Meskipun berbunganya pada waktu malam, tanaman perlu diberi cahaya matahari ekstra pada siang harinya, agar lebih giat berfotosintesis, untuk merangsang pembukaan kuncup bunga. Di luar musim bunga, ia mogok. Jadi percuma diberi pupuk dan obat perangsang yang lain.

Ini hanya berdasarkan membaca lho mas HERBUD, belum praktek. Belum ada tempat soalnya, alias masih numpang mbah putri.


Aksi

Information

13 responses

1 05 2007
haryadi

gimana caranya mau ngisi kategori hobi, login ae ndak punya :(( buat mas herbud, denger2 kamboja hitam itu asli dari indonesia, baru orang jogja yang mengembangkan adenium jenis ini. Ini denger2 juga satu sambungan Kamboja hitam mintanya 100 rebu.

to Mohab, Ga nemu kan link info soal kamboja hitam ;)) soale sek anyar bos.

6 05 2007
subura

@haryadi
loh? sampean lak duwe akun wordpress seeh … mosok nggak iso login? :(

7 05 2007
mohab

lha iyo wong wis dikei akun dewe kok gak iso mlebu kui piye to ?

4 06 2007
Hilman Wijaya

Iya Dul..gmn cara ngisi artikel?

12 06 2007
Erick

Saran Nih….
Gimana Kalo Momen Komentar di semua halaman dijadikan satu aja di Salam / Ucapan……,
jadi gak harus buka satu-satu halaman….

Ok. PAk Moderator…

5 04 2009
Fatur

Wah artikelnya bagus mas,aku juga punya tuh wijayakusuma tapi belum mau berbunga,,

7 10 2009
rera

bunga ini sangat bagus….
saya pernah membaca dongeng tentang bunga ini, katanya kalau bunga ini berbunga pada bulan purnama akan lebih harum dan sangat cantik…
apa benar ya?
terimakasih…

15 12 2009
Dwi setyaningsih

kenapa ea bunga wijaya kusuma mekar cm pas jam 00.00 dah gt kuncupnya juga cepet lagi, apa da faktor enegi to suhu yang mempengaruhinya???

30 01 2010
subagiasa kadek

malem tgl 29-01-2010 pkl 00-00 bunga wijayakusuma sy mekar utk yg pertama kali, kebetulan hr ini bulan purnama, dr sore sy tunggu momen yg pnting ini. kata orang,,, yg bs lht bunga ini dr kuncup hgg mekar, akn dmdhkan rejekinya….amin. ktnya selain langka, bunga ini jg kramat. betul… baunya harum lho……..sampe saat tulisan ini sy ketik, setelah sy mandikan,,, bunganya msh mekar. sy mau tunggu smp dia layu…. salam.

19 02 2011
intan

Apakag bunga wijaya kesuma ada yang berwarna merah?

25 03 2011
yoyo

Yang merah ada, yang pink ada yang kuning juga ada
silakan eksplor halaman FB ini : http://www.facebook.com/pages/Wijaya-Kusuma/121603917897343
salam
yoyo

21 05 2011
Alizha ayudya

Bunga wijaya kusuma saya lg mekar,1 pohon mekar 4 bunga sekaligus dan baunya harum sekali

10 12 2011
faisyal

tp punya padhe saya thuw, berbunganya sering sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: